Hubungan Self Efficacy dengan Kemampuan Berpikir Positif pada Remaja di SMP Karya Bhakti Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2021

Penulis

  • Elisabeth Christina Tumanggor Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan, Indonesia Penulis
  • Lindawati Simorangkir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan, Indonesia Penulis
  • Amnita Ginting Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan, Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52622/jisk.v3i2.61

Kata Kunci:

Self efficacy, kemampuan berpikir positif

Abstrak

Self efficacy merupakan keyakinan yang tinggi dimana individu mampu mengarahkan perilaku giat dan lebih tekun dengan segala aktivitas akademik. Kemampuan nalar positif adalah tingkah laku yang dimiliki untuk mengambil keputusan dengan memanfaatkan jiwa yang solid dan jernih, dimulai dari energi positif dan selanjutnya melihat segala sesuatu dalam kaitannya dengan kesusilaannya. Penelitian ini diharapkan dapat memutuskan apakah ada hubungan antara kelangsungan hidup diri dan kemampuan berpikir positif. Strategi eksplorasi yang digunakan berhubungan dengan metodologi cross sectional, jumlah responden sebanyak 53 orang. Teknik.pengambilan ini dilakukan.dengan cara menggunakan kusioner yang dibagikan secara langsung. Pengambilan sampel menggunakan simple randrom sampling berjumlah 53 responden. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar responden dengan Self Efficacy yang tinggi sebanyak 43 orang (81,1%) dengan kemampuan berpikir positif dengan kategori tinggi sebanyak 25 orang (47,2%). Hasil uji korelasi fisher’s Exact Test dengan p-value sebesar 0,488 (p<0,05) artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan kemampuan berpikir positif pada remaja di SMP Karya Bhakti Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan. Kesimpulannya bahwa self efficacy yang dimiliki oleh siswa SMP Karya Bhakti sangat tinggi sedangkan siswa yang memiliki kemampuan dalam berpikir positif sangat rendah, diharapkan siswa lebih mampu dalam mengubah sikap atau perilaku untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir positif dan menerapkan self efficacy dalam diri setiap individu

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Swandono MA. Hubungan antara Berpikir Positif dengan Active Coping Behavior. J Psikol J Ilm Fak Psikol Univ Yudharta Pasuruan. 2018;5(2):72–8.

Nurtiffany TG, Wibowo ME, Setyowani N. Berpikir Positif dan Kepercayaan Diri Meningkat Melalui Konseling Kelompok. Indones J Guid Couns Theory Appl. 2018;7(4):52–8.

Yuliyani R, Handayani SD, Somawati S. Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Form J Ilm Pendidik MIPA. 2017;7(2).

Napitupulu L. Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Merokok pada Remaja di SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan Tahun 2020. Indones J Med Lab. 2020;1(1):26–36.

Anggraini Y, Syaf A, Murni A. Hubungan antara Berpikir Positif dengan Kecemasan Komunikasi pada Mahasiswa. Psychopolytan J Psikol. 2017;1(1):31–8.

Ananda LR, Suprihatin T. Hubungan Antara Berpikir Positif dan Efikasi Diri Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Unissula. In: Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira. 2019.

Hasanah AMA, Suharso S, Saraswati S. Pengaruh Perilaku Teman Sebaya terhadap Asertivitas Siswa. Indones J Guid Couns Theory Appl. 2015;4(1).

Rachmawati F, Budiningsih TE. Hubungan antara Berpikir Positif dengan Efikasi Diri Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Intuisi J Psikol Ilm. 2015;7(1):14–7.

Machmudati A, Diana RR. Efektivitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Kecemasan Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa. JIP (Jurnal Interv Psikologi). 2017;9(1):107–27.

Linayaningsih M. Efektivitas Pelatihan Berfikir Positif sebagai Strategi Coping Stress. J Din Sos Budaya. 2016;18(2):251–9.

Mukti B, Tentama F. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efikasi Diri Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. 2019.

Dami ZA, Loppies PA. Efikasi Akademik dan Prokrastinasi Akademik sebagai Prediktor Prestasi Akademik. Kelola J Manaj Pendidik. 2018;5(1):74–85.

Wahyuni SF, Dahlia D. The Relationship between Academic Self-Efficacy and Academic Achievement in High School Students in Banda Aceh. Seurune J Psikol Unsyiah. 2020;3(2):80–100.

Susilowati A. Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMA Negeri 8 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2009.

Subaidi A. Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma. 2016;1(2):64–8.

Permana H, Harahap F, Astuti B. The Relationship Between Self-Efficacy and Anxiety in Facing Exams in Class IX Students at MTS Al Hikmah Brebes. J Islam Couns Da’wah Guid. 2016;13(2):51–68.

Prahara SA, Budiyani K. Pelatihan Efikasi Diri Guru: Efikasi Diri Akademik dan Prestasi Belajar Siswa. Insight J Ilm Psikol. 2019;21(1):39–49.

Basito MD, Arthur R, Daryati D. Hubungan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Berpikir TingkatTtinggi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. J Pensil Pendidik Tek Sipil. 2018;7(1):21–34.

Sawitri DR, Dwitantyanov A, Hidayati F. Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semarang). J Psikol Undip. 2010;8(2).

Diterbitkan

2022-08-31

Cara Mengutip

[1]
Elisabeth Christina Tumanggor, Lindawati Simorangkir, and Amnita Ginting , Trans., “Hubungan Self Efficacy dengan Kemampuan Berpikir Positif pada Remaja di SMP Karya Bhakti Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2021”, jisk, vol. 3, no. 2, pp. 50–56, Aug. 2022, doi: 10.52622/jisk.v3i2.61.