Gambaran Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen Prodi Ners di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.52622/jisk.v3i2.54Kata Kunci:
Komunikasi, Interpersonal, mahasiswaAbstrak
Komunikasi antar manusia adalah sebuah proses komunikasi dan upaya individu atau kelonpok yang berdampak dengan mengkomunikasikan informasi atau pesan yang di maksud secara verbal dan nonverbal sehingga terjadi umpan balik dan interaksi antara kedua belah pihak. Efektivitas komunikasi sangat penting dalam lingkungan pendidikan untuk mendukung kegiatan seperti belajar mengajar yang mentransfer pengetahuan dari profesor ke siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen prodi ner STIKes Santa Elisabeth Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sehingga responden sebanyak 91 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal mahasiswa Ners tingkat III dengan dosen sebagian besar berada dalam kategori cukup baik (94,5 %). Hasil penelitian dapat memberikan informasi mengenai gambaran komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen di prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan, pada penelitian selanjutnya diharapkan dengan adanya komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen dapat dipertahankan atau di levelkan menjadi lebih baik lagi.
Unduhan
Referensi
Umboh ER, Kepel B, Hamel RS. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. J Keperawatan. 2017;5(1).
Pane A, Darwis Dasopang M. Belajar dan Pembelajaran. FITRAHJurnal Kaji Ilmu-Ilmu Keislam. 2017;3(2):333.
Wulandari adriani E. Hubungan antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas vii 1. 2018;01:397–405.
Kripsi MES, Pratama RA, Anggraini R, Hermano DH. Pendahuluan Dalam dunia pendidikan kualitas komunikasi sangat berperan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar sebagai proses mentransfer ilmu pengetahuan dari dosen ke mahasiswa . Dosen menyampaikan sebuah informasi kepada mahasiswanya melalui komunika. 2017;114–22.
Sadikin A, Aina M, Hakim N. Penerapan Asesmen Berbasis Portofolio dan Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Biologi. Biodik. 2016;2(2):50–61.
Utomo PC, Probandari A. Hubungan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen dan Antar Mahasiswa dengan Motivasi Belajar. J Keterapian Fis. 2016;1(2):90–4.
Suranto AW. Interpersonal Communication. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2011.
Fathurrohman I. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa terhadap Perilaku Belajar Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akad. 2018;2(2):13–21.
Saputra AI, Haq MS. Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa.
Zubaidi AN, Suryani N, Probandari AN. Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Dosen Mahasiswa Keaktifan Berorganisasi dan Aktualisasi Diri dengan Motivasi Belajar di Jurusan Ortotik Prostetik Poltekkes Surakarta. Med Respati J Ilm Kesehat. 2018;13(1):42–65.
Abubakar F. Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. J Pekommas. 2015;18(1):53–62.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal indah sains dan Klinis
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.