Faktor Faktor yang Mempengaruhi Psikologis Remaja di Masa Pandemi Covid-19 Kelas 7-8 di SMP Negeri 1 Naman Teran Tahun 2021

Penulis

  • Yuleen Natasya Telaumbanua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan, Indonesia Penulis
  • Lindawati Simorangkir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan, Indonesia Penulis
  • Imelda Derang Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan, Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52622/jisk.v3i2.51

Kata Kunci:

Psikologis, Social Distancing, Pembelajaran Online

Abstrak

Psikologi merupakan bagian dari ilmu psikologi manusia yang dapat mempengaruhi kehidupan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Faktor yang mempengaruhi psikologi remaja di masa pandemi ini adalah penerapan social distance, pembelajaran online, dan ketakutan tertular COVID-19. Penduduk yang berusia antara 10 dan 24 tahun dianggap remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi psikologi remaja pada masa pandemi COVID-19 di kelas VII dan kelas VIII di SMP Negeri 1 Naman Teran tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif dengan jumlah responden 75 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa karena faktor stres karena penerapan social distance sebanyak 69 orang (92,0%), sebagian besar siswa karena faktor stres adalah asimanyiasi pembelajaran online 58 orang (77,3%), dan sebagian besar siswa karena faktor stres. takut tertular covid. -19 dengan kategori ringan sebanyak 64 orang (85,3%). Hal ini menunjukkan bahwa faktor penerapan social distance, pembelajaran daring dan ketakutan tertular COVID-19 berpengaruh terhadap psikologi siswa SMP Negeri 1 Naman Teran. Diharapkan seiring dengan bertambahnya informasi dan materi pengetahuannya siswa/I semakin menambah pengetahuannya tentang bahaya penularan COVID-19

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Hanum F. Psikologi Layanan terhadap Pemustaka dan Kualitas Layanan Prima. IQRA: Jurnal Perpustakaan dan Informasi. 2017; 11(01):101–13.

Hamdan M. Psikologi Pendidikan Sebagai Dasar Pembelajaran. El Wahdah, 2020. 1(1), 71-88.

Diananda A. Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Iistighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2019;1(1), 116-33

Sary YNE. Perkembangan Kognitif dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal. J Pengabdi Kpd Masy. 2017;1(1):6–12.

Bhatia R. Effects of The COVID-19 Pandemic on Child and Adolescent Mental Health. Current Opinion in Psychiatry, 2020;33(6), 568-70.

Utami S, Rufaidah A, Nisa A. Kontribusi Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Periode April-Mei 2020. Ter J Bimbing dan Konseling. 2020;4(1):20–7.

Ellis WE, Dumas TM, Forbes LM. Physically Isolated but Socially Connected: Psychological Adjustment and Stress Among Adolescents During The Initial COVID-19 Crisis. Can J Behav Sci. 2020;52(3):177–87.

Hasanah U, Ludiana I, Livana PH. Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 2020. 8(3), 299-306.

Fitria L, Ifdil I. Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2020; 6(1), 1-4.

Meutia A. Dampak Pandemik Covid-19 pada Psikis dan Ingatan Anak. Elementary School Journal, 2020; 10(1), 60-66.

Wisler, A. K. ‘Of, by, and for are not Merely Prepositions’: Teaching and Learning Conflict Resolution for a Democratic, Global Citizenry. Intercultural Education, 2009. 20(2), 127-33.

Louisa GN. Tanggapan Grace Natalie terhadap COVID-19. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2020;2(1):28–37.

Sekar S, Ananda D, Apsari NC. Mengatasi Stress pada Remaja Saat Pendemi Covid-19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020;7(2), 248-256.

Hasanah U, Fitri NL, Supardi S, PH L. Depression Among College Students Due to the COVID-19 Pandemic. J Keperawatan Jiwa. 2020;8(4):421.

Puspita, I. M. Gambaran Kecemasan dan Kepatuhan Remaja Putri terhadap Kebiasaan Baru pada Masa Pandemi Covid-19 di Surabaya. Journal of Midwifery Science, 2021;5(1), 52-61

Diterbitkan

2022-08-31

Cara Mengutip

[1]
Yuleen Natasya Telaumbanua, Lindawati Simorangkir, and Imelda Derang , Trans., “Faktor Faktor yang Mempengaruhi Psikologis Remaja di Masa Pandemi Covid-19 Kelas 7-8 di SMP Negeri 1 Naman Teran Tahun 2021”, jisk, vol. 3, no. 2, pp. 23–27, Aug. 2022, doi: 10.52622/jisk.v3i2.51.